Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pribahasa Jepang Issun no mushi ni mo gobu no tamashii

Pribahasa Jepang Issun no Mushi ni Mo Gobu no Tamashii

Di setiap bahasa dan negara pastinya memiliki suatu Pribahasa yang unik dan menarik, salah satunya di ada pribahasa di Jepang yaitu, Issun no mushi ni mo gobu no tamashii (一寸の虫にも五分の魂) yang mengajarkan tentang nilai nilai dalam diri seseorang tanpa memandang ukuran fisik. Pribahasa ini diambil dari salah satu cerita Jepang, Issunboshi.

Pribahasa Issun no mushi ni mo gobu no Tamashi ini memiliki arti "Bahkan seekor serangga yang memiliki ukuran 1inch pun memiliki keteguhan setengah jiwa manusia". Pribahasa ini memiliki sebuah makna yang sangat dalam, dan juga mengajarkan sebuah nilai nilai yang dimiliki oleh setiap diri manusia, tidak peduli seperti apa orang itu dipandang oleh orang lain.

Cerita Rakyat Jepang: Issunboshi

Pribahasa ini berasal dari cerita rakyat Jepang, kisah Issunboshi. Cerita Issunboshi itu sendiri menceritakan tentang kisah seorang anak laki laki yang memiliki tinggi hanya sebesar 1 inci, namun Issunboshi memiliki sebuah semangat dan keberanian yang bahkan melebihi manusia normal pada umumnya. Issunboshi pergi meninggalkan desa asalnya untuk melakukan perjalanan mengelilingi dunia. Meskipun tubunya sangat kecil, dia tetap berusaha ketika menghadapi berbagai rintangan.

Makna dan Pesan Issun no mushi ni mo gobu no tamashii

Dengan kata lain, pribahasa ini mengajarkan kita untuk tidak selalu memandang rendah dan meremehkan seseorang. Pribahasa ini mungkin agak mirip dengan pribahasa "Never Judge a Book by Its Cover" atau "Jangan menilai buku dari sampulnya". Jadi kita tidak boleh menilai seseorang hanya dari penampilan fisiknya saja, karena setiap individu pasti memiliki nilai dan potensi yang unik pada dalam dirinya.

Dalam kehidupan sehari hari pribahasa ini mengajarkan kita untuk menghargai setiap manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Sesama manusia kita harus selalu menilai seseorang tidak hanya berdasarkan penampilan ataupun status sosial. Sejatinya seseorang yang terlihat remeh atau tidak menarik di mata orang lain bisa saja memiliki suatu bakat, kebijaksanaan dan kuatlitas lain yang luar biasa.

Pribahasa ini juga mengajarkan kepada kita untuk melihat suatu potensi yang kita miliki. Terlepas dari keterbatasan ataupun kekurang yang kita miliki, kita juga masih memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan yang kita miliki. issun no Mushi ni mo Gobu no Tamashii merupakan sebuah pengingat bagi kita untuk tidak mengukur kesuksesan hanya dengan melihat dari fisik seseorang saja. 

Pribahasa Issun no Mushi ni mo Gobu no Tamashii mengingatkan kita akan pentingnya untuk tidak menghakimi atau menilai seorang hanya melalui penampilan fisiknya saja. Setiap individu memiliki nilai dan potensi yang tidak terduga dalam dirinya masing masing. Oleh karena itu, mari kita bersikap inklusif, menghargai setiap orang, dan mengakui keberartian diri kita sendiri tanpa memandang dan mengukur pribadi orang lain.

Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.

Post a Comment for "Pribahasa Jepang Issun no mushi ni mo gobu no tamashii"