Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urban Legend Jepang: Yuki-Onna

Dalam mitologi Jepang, Yuki-Onna merupakan sebuah sosok misterius dan metakutkan yang terkadang muncul saat salju turun. Sejak dulu, legenda ini telah diceritakan turun temurun dari generasi ke generasi sehingga sampai saat ini legenda tersebut masih melekat pada memori masyarakat Jepang. Pada artikel kali ini kita akan membahas legenda atau Urban Legend tentang Yuki Onna.

Latar Belakang

Yuki Onna merupakan sesosok makhluk mitologi asal Jepang dan berawal muncul pada cerita rakyat Jepang dengan judul :Kwaidan (怪談)". Dalam cerita tersebut, Yuki Onna dikatakan sebagai roh yang sangat kejam, yang dapat memb*nuh orang orang atau pendaki yang sedang terjebak dalam badai salju. Dia memiliki beberapa mitos dan legenda yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya digambarkan sebagai roh yang mematikan dan sangat menakutkan. Namun, ada juga versi lain yang menyatakan bahwa ia membantu orang yang membutuhkan bantuan. Yuki Onna masih terus hidup dalam budaya Jepang saat ini dan sering diwakili dalam bentuk film, manga, dan anime.

Jika dikaitkan menurut kategori, ada yang bilang bahwa Yuki Onna ini termasuk dalam kategori Yokai, dikarenakan Yuki Onna termasuk kedalam makhluk mitologi Jepang, layaknya hantu dan roh jahat. Berbeda dengan Ayakashi, biasanya Ayakashi ini memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat menimbulkan masalah bagi manusia.

Walaupun sebagian besar masyakat Jepang menggambarkan Yuki Onna ini sebagai sosok yang jahat, namun beberapa masyarakat Jepang juga percaya bahwa Yuki Onna ini adalah sosok yang baik dan terkadang membantu seorang pendaki yang terjebak dalam badai salju.

Ciri-ciri Yuki Onna

Yuki Onna adalah salah satu tokoh mitos dalam budaya Jepang yang digambarkan sebagai roh perempuan yang memiliki kemampuan mengeluarkan es. Ciri-ciri Yuki Onna meliputi:
  1. Tampilan: Yuki Onna sering digambarkan dengan rambut putih panjang dan wajah yang sangat cantik, meskipun sedikit menakutkan.
  2. Kemampuan: Yuki Onna memiliki kemampuan untuk mengeluarkan es dan membekukan apa saja yang ia inginkan.
  3. Penampilan saat cuaca dingin: Yuki Onna biasanya muncul saat cuaca dingin dan salju.
  4. Kemampuan berbicara: Yuki Onna sering digambarkan sebagai tokoh yang sangat bijaksana dan mampu berbicara dengan suara yang lembut dan mempesona.
  5. Kemampuan membunuh: Yuki Onna sering digambarkan sebagai roh jahat yang membunuh orang yang berada di jalannya.

Cerita Legenda Yuki Onna

Yuki-Onna merupakan salah satu legenda Jepang yang menceritakan tentang roh wanita dengan wijud yang cantik dan dapat muncul pada saat terjadinya badai salju. Dalam tulisan Lafcadio Hearn, diceritakan bahwa terdapat dua orang penebang kayu bernama Mosaku dan Minokichi terjebak dalam badai salju kemudian mereka berdua bertemu dengan sesosok wanita cantik yang mereka anggap sebagai Yuki-Onna. Tak lama kemudian wanita yang dianggap Yuki Onna tersebut membekukan Mosaku dengan hembusan nafasnya, akan tetapi Yuki Onna membiarkan Minokichi lari, di karenakan Yuki Onna memiliki perasaan kepada Minokichi

Beberapa tahun berlalu, saat Minokichi hendak berangkat menebang kayu, dia bertemu dengn seorang wanita yang sangat cantik dan Minokichi tertarik pada wanita itu, singkat cerita mereka berdua pun menikah dan memiliki seorang anak. Namun seiring berjalannya waktu, sosok wanita tersebut menghilang begitu saja dan menitipkan sebuah pesan kepada Minokichi untuk merawat anak-anak mereka.

Sekian

Begitulah kira kira Nakama cerita tentang Yuki Onna ini, memang masih simpang siur cerita tentang Yuki Onna ini, dan tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa banyak dari masyarakat Jepang diluar sana yang pernah bertemu dengan si cantik dari badai salju ini. Masih banyak juga perdebatan yang berkata bahwa sosok ini Baik atau Jahat. Yaaa jika dilihat dari Film atau Anime pun sosok ini digambarkan berbeda beda ya wkwkw, anime In Spectre (Kyokou Suiri) atau Grandchild of Nurarihyon (Nurarihyon no Mago).
Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.

Post a Comment for "Urban Legend Jepang: Yuki-Onna"