Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saya dalam Bahasa Jepang Beserta Contohnya!

"Saya" dalam bahasa Jepang

Saya dalam Bahasa Jepang ternyata memiliki berbagai sebutan seperti watashi, boku, ore dan sebagainya, ternyata tidak hanya Bahasa Indonesia saja yang memiliki berbagai macam variasi kata untuk menunjukkan kata pengganti subjek orang pertama ya teman- teman. Kata ganti subjek orang pertama yang akan kita bahas kali ini adalah Saya. Berikut kami berikan penjelasan dan contoh kalimat untuk menggunakan kata 'saya' dalam bahasa jepang


Berikut ini merupakan beberapa kosakata beserta penjelasan untuk menunjukkan kata ganti orang pertama "saya".

Watashi (私)

Watashi merupakan kata yang paling sering diucapkan oleh masyarakat jepang baik itu laki - laki ataupun perempuan. Penggunaan kata watashi ini juga tidak memandang usia, baik itu anak - anak ataupun orang dewasa juga bisa menggunakan watashi. Ungkapan ini biasanya digunakan ketika kita sedang berbicara dengan orang yang belum terlalu kita kenal.

Watakushi (私)

Watakushi atau bisa dibaca dengan Watakshi ini sebenarnya memiliki arti yang sama dengan ungkapan sebelumnya, hanya saja Watakushi ini memiliki makna yang lebih sopan. Ungkapan ini sering digunakan oleh para politisi atau pejabat - pejabat tinggi untuk saat mereka menyampaikan sebuah pidato. Ungkapan watakushi juga bisa memberikan kesan agar terlihat lebih dewasa dan berwibawa.

Boku (僕)

Ungkapan Boku ini biasanya digunakan oleh para laki - laki untuk terlihat lebih cool. Boku juga terkadang suka diucapkan oleh gadis, hanya saja mereka akan di cap sebagai gadis yang memiliki sifat tomboy, seperti Zero Two dalam Anime Darling in The Franxx yang sering menggunakan Boku ini sebagai ungkapan saya。

Atashi (あたし)

Jika Boku memiliki arti yang cool maka ada lawannya yaitu Atashi. Ungkapan Atashi ini memiliki kesan yang feminim dan lemah lembut dan tentu saja ungkapan ini hanya digunakan oleh perempuan saja. Kebayang bukan kalau ada laki - laki tinggi besar dan berotot yang menggunakan ungkapan Atashi ini?

Ore (俺)

Kata ganti ore ini memiliki arti yang keras, kalau di Bahasa Indonesia hampir sama dengan 'gue'. Jika di Anime, ungkapan Ore ini biasanya digunakan oleh para preman ataupun bajak laut.
Contohnya one piece, dimana Luffy sering menggunakan Ore untuk berbicara :
海賊王に俺はなる!
Kaizoku-ō ni ore wa naru!
Aku akan menjadi raja bajak laut!

Uchi (内)

Uchi merupakan kata ganti yang umum digunakan oleh seseorang perempuan. Uchi sendiri memiliki ikatan yang kuat antara dia (sang pengucap) dengan anggota keluarganya. Ungkapan ini sangat cocok digunakan ketika kalian ingin berbicara secara informal dengan lawan bicara kalian.
Contohnya penggunaan Uchi bisa diambil dari judul anime :
うちのメイドがウザすぎる!
Uchi no Maid ga Uzasugiru!
Pembantu di Rumahku Sangat Barbar!
Uchi dalam judul anime ini melambangkan dia (sang karakter utama) dan rumahnya, yang di artikan menjadi Rumahku karena melibatkan dia dan keluarganya.

Washi (わし)

Washi merupakan ungkapan yang akan terdengar konyol jika disebutkan oleh anak muda apalagi anak kecil, kenapa? Karena ungkapan washi ini biasanya digunakan oleh orang - orang yang sudah lanjut usia.

Oira (おいら)

Ungkapan Oira biasanya digunakan untuk mengganti kata Ore. Ungkapan Oira juga sebenarnya sudah sangat jarang digunakan pada zaman sekarang, karena ungkapan Oira ini hadir dan sering digunakan saat zaman Edo. Apabila kalian player Mobile Legend dengan Voice Jepang kalian mungkin tidak akan asing dengan kata Oira ini, karena kata Oira ini sering digunakan oleh Hero Cyclops.

Menyebutkan nama sendiri

Ternyata masyarakat jepang juga terkadang menyebutkan nama mereka sendiri ketika mengungkapkan kata saya. Namun berbeda seperti di Indonesia, di Jepang mengungkapkan "saya" dengan nama sendiri akan terkesan menjadi kekanak - kanakan.

Pembahasan ungkapan "Saya" dalam bahasa jepang mungkin akan dicukupkan sekian, sebenarnya masih banyak lagi ungkapan "saya" dalam bahasa jepang, kami disini hanya mengambil sebagian saja karena ungkapan inilah yang masih sering digunakan sampai saat ini.

Apabila dari kalian ada yang kurang paham atau ingin menambahkan sisipakan saja melalui kolom komentar dibawah ^^
Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.

Post a Comment for "Saya dalam Bahasa Jepang Beserta Contohnya!"