Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Pagi, Siang, dan Malam dalam Bahasa Jepang

Selamat Pagi, Siang dan Malam dalam Bahasa Jepang

Mengucapkan salam merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seseorang jika bertemu dengan orang lainnya. Jika di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai "Ucapan Bahasa Jepang yang Sering Dijumpai dalam Anime dan Drama" pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa ucapan salam yang sering digunakan oleh masyarakat jepang dalam keseharian mereka. Berikut kami berikan beberapa ulasan untuk memberikan ucapan selamat pagi, siang dan malam dalam bahasa jepang.

Ucapan Salam / Aisatsu (あいさつ) Dalam Bahasa Jepang

Masyarakat Jepang memiliki sebuah budaya menyapa, karena meyapa atau mengucapkan salam merupakan suatu bentuk kehormatan kepada lawan bicara. Masyarakat Jepang biasanya mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum memulai suatu percakapan, apabila ada seseorang yang memulai pembicaraan tanpa menyapa atau memberikan salam terlebih dahulu, orang tersebut akan dinilai kurang sopan oleh yang lainnya. Oleh karena itu pengetahuan tentang ucapan salam ini sangat penting untuk kalian ketahui dan pelajari sebelum kalian berangkat ke Jepang.

Kosakata yang pertama yaitu kosakata untuk mengucapkan Salam atau Aisatsu. Di salam ini banyak sekali ucapan-ucapan yang bisa kalian pelajari, ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat malam, selamat tidur dan masih banyak lagi.

Hajimemashite (初めまして)

Kata yang pertama yaitu  kata untuk memperkenalkan diri. Hajimemashite biasanya digunakan ketika kalian pertama kali bertemu atau ingin berkenalan dengan seseorang.
Contoh kalimatnya :
Hajimemashite watashi wa Yuki-desu
初めまして私はゆきです

Pada contoh kalimat terdapat beberapa penggalan kata yaitu Hajimemashite (初めまして) + watashi (私) + wa/ha (は) + Yuki (ゆき) + desu (です). Yang dimana Hajimemashite yang berfungsi sebagai salam untuk memperkenalkan diri, kemudian Watashi yang berarti Saya, wa/ha itu digunakan sebagai partikel penanda topik, Yuki adalah nama dari seseorang, bisa juga diganti dengan nama kalian, dan -desu yang membentuk predikat. Jadi contoh kalimat diatas dapat diartikan menjadi Perkenalkan, Saya adalah Yuki.

Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang

Ohayou Gozaimasu atau Selamat Pagi ini biasanya digunakan ketika kalian baru bangun tidur sampai pukul 10:00. Untuk pengucapannya tidak dibaca  Oha-YOU ataupun Oha-YU melainkan Oha-YOO, jangan sampai terkecoh oleh tulisan "YOU"nya ya Nakama. Ohayou ini biasanya digunakan kepada orang yang tidak kita kenal atau ke orang yang baru kita kenal, saudara/keluarga, dan orang yang lebih tua (senior) dan atasan di tempat kerja.

Selamat Siang dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa ini bisa digunakan untuk mengucapkan Selamat Siang atau Selamat Sore, namun terkadang masyarakat Jepang juga sering menggunakan Konnichiwa ini untuk menyapa seseorang, biasanya seperti say "Hi" sambil menganggukkan kepala sedikit.
Berikut beberapa contoh penerapan Konnichiwa pada setiap situasi :
  • Ucapan ini biasanya hanya digunakan kepada saudara jauh, guru, tamu, tetangga, dan orang yang baru kenal. Untuk menyapa teman sekelas atau sekantor biasanya menggunakan kata yang berbeda. Untuk teman sekolah kalian bisa menggunakan Osu jika sudah akrab dan untuk teman kantor biasanya kalian menggunakan Otsukaresama-desu (お疲れ様です)
  • Ucapan ini juga biasanya hanya digunakan di tempat-tempat tertentu saja, seperti ketika berkunjung kerumah saudara, rumah teman, rumah tetangga, dan lingkungan kerja perusahaan lain.

Selamat Malam dalam Bahasa Jepang

Konbanwa merupakan sebuah ucapan salam yang biasanya digunakan saat malam hari. Kalian juga bisa menggunakan Konnichiwa apabila kalian bertemu dengan saudara jauh, atau orang yang belum kalian kenal untuk menanyakan sesuatu. Konbanwa ini dapat kalian gunakan ketika waktu sudah menunjukkan pukul 19:00 sampai dengan waktu tidur. Ucapan ini bisa kalian gunakan juga kepada orang yang baru kalian kenal, orang yang jarang kalian temui, dan orang yang statusnya lebih tinggi dari kalian. Oh iya, konbanwa ini sama seperti Konnichiwa, pada saat di tempat kerja sebaiknya diganti dengan Otsukaresama-desu.

Selamat Tidur dalam Bahasa Jepang

Oyasuminasai atau selamat tidur merupakan ucapan yang biasanya digunakan ketika kalian akan menyelesaikan pembicaraan dan akan pergi untuk tidur, kalimat ini juga dapat kalian ucapkan apabila ada rekan kerja kalian yang akan kerja lembur di kantor. Kalimat Oyasuminasai ini melambangkan seperti Sayounara dan Mata Ashita, yang bisa diartikan untuk menutup segalah kegiatan hari ini, dan dilanjutkan di kemudian hari.

Demikian artikel ini kami sampaikan, bagikan juga artikel ini apabila artikel ini dirasa bermanfaat. Terima Kasih ^^
Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.