Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Jepang

Memperkenalkan diri dalam bahasa jepang atau biasa disebut Jikoshoukai (自己紹介) tentu saja merupakan hal yang wajib untuk dilakukan ketika kalian baru masuk sekolah atau bertemu dengan orang lain. Masyarakat Jepang juga biasanya sering menggunakan kata Hajimemashite (始めまして) yang bisa diartikan dengan 'perkenalkan' dan kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan nama mereka untuk memperkenalkan diri. Lalu bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa jepang sih?


Berikut kami berikan contoh dialog singkat untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Jepang :
始めまして, 私は直美ですよろしくお願いします
Hajimashite, watashi wa naomi-desu, yoroshiku onegai shimasu
Perkenalkan, saya naomi, senang berkenalan denganmu
Dari contoh kalimat diatas dapat dilihat terdapat beberapa penggalan kata untuk memperkenalkan diri, dimulai dari :

Hajimemashite

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hajimemashite merupakan kata 'perkenalkan', 'salam kenal','kenalin' jika diartikan dalam bahasa indonesia. Sama halnya seperti jika kalian memperkenalkan diri dengan bahasa indonesia pasti akan mengucapkan salah satu dari kata - kata tersebut bukan?

Watashi wa (nama kalian)-desu

Setelah mengucapkan hajimemashite pastinya akan langsung mengucapkan nama kalian bukan? Jika diartikan watashi wa ini adalah 'saya' atau bisa juga kalian ganti dengan watashi no namae wa (私の名前は) setelah mengucapkan watashi wa kemudian lanjut dengan nama kalian dan tambahkan -desu supaya terdengar lebih sopan, atau bisa juga dengan menyebutkan "Watashi no namae wa ..... -desu"

Yoroshiku onegai shimasu

Pada Jikoshoukai, kata "Yoroshiku onegai shimasu" ini sebenarnya memiliki banyak arti tergantung kondisi dan situasi, namun karena kasus kali ini memperkenalkan diri, jadi yoroshiku onegai shimasu ini dapat kita artikan menjadi "senang berkenalan dengan -mu atau -kalian (jika memperkenalkan diri pada banyak orang)". Kata ini juga biasanya dijadikan sebagai kalimat penutup.

Kalian juga bisa menambahkan asal kalian, atau hobi kalian jika sedang memperkenalkan diri, contohnya :
始めまして, 私は直美です
Hajimemashite, watashi wa Naomi-desu
Perkenalkan, saya Naomi
日本から来ました
Nihon kara kimashita
Saya dari Jepang
今は東京に住んでいます
Ima wa Tōkyō ni sunde imasu
Saya saat ini tinggal di Tokyo
私の趣味は泳ぐです
Watashi no Shumi wa Oyogu-desu
Hobi saya adalah berenang
よろしくお願いします
Yoroshiku Onegai Shimasu
Senang berkenalan dengan kalian.

Jangan lupa lakukan Ojigi (お辞儀) atau membungkukkan badan sedikit setelah kalian memperkenalkan diri supaya terkesan lebih sopan atau menghormati.

Di contoh kalimat kedua terdapat kata Watashi yang di susul dengan no (の). No disini bukan berarti 'Tidak' ya, melainkan 'no' setelah kata ganti orang menandakan sebuah kepemilikan. Untuk partikel (の) dan (は) setelah kata ganti orang mungkin akan kita bahas secara lengkap dilain waktu.

Untuk pembahasan perkenalan dalam bahasa jepang kali ini mungkin akan dicukupkan sekian, jika ada pertanyaan ataupun pernyataan yang salah harap diberitahukan di kolom komentar ya :)

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada rekan dan saudara kalian apabila artikel ini dirasa bermanfaat, supaya mereka juga bisa mempelajari bahasa jepang :)
Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.