Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Idiom Bahasa Jepang dari Kanji 手 te Beserta Contohnya

Selamat Malam Nakama! Dari kalian yang sering mempelajari bahasa jepang mungkin sudah pernah melihat kanji seperti ini (手), ini adalah kanji untuk te, yang dapat diartikan juga dengan "tangan". Tetapi apakah teman - teman tahu bahwa kanji ini dapat memiliki arti yang berbeda-beda apabila kita pasangkan dengan kata tertentu?

Yuk kita simak beberapa contohnya!

Kalimat Pertama

あま Dibaca te ni amaru , bisa diartikan dengan ''di luar jangkauan, di luar kemampuan''.
手 : Te/Tangan, 余る : Amaru/Tersisa, berlebih
Contoh kalimat:
(むずか) しすぎて (わたし) () (あま) 問題(もんだい) です。 Muzukashi sugite watashi no te ni amaru mondaidesu. Masalah ini terlalu rumit dan di luar kemampuan saya.
()はない。
Dibaca te wa nai, bisa diartikan dengan ''tidak ada lagi hal lain yang dapat dilakukan''.
手 : Te/Tangan, ない : Nai/Tidak ada

Kalimat Kedua

Contoh kalimat:
(かれ) ()つほかに ()はなかった。 Kare wo matsu hoka ni te wa nakatta.Tidak ada hal lain yang dapat dilakukan kecuali menunggu ia (laki-laki).
()がある。
Dibaca te ga aru , bisa diartikan dengan ''memiliki kemampuan, keterampilan, atau tenaga''.
手 : Te/Tangan, ある : Aru/Ada

Kalimat Ketiga

Contoh kalimat:
この(けん) (かん)して、 (かれ) 任務拒否手(にんむきょひて)がある。 Kono ken ni kanshite, kare wa ninmu kyohi te ga aru.Dia (Laki-laki) memiliki kemampuan untuk menolak tugas ini.
() ()く。
Dibaca te ga aku, bisa diartikan dengan ''waktu kosong, waktu lowong''.
手 : Te/Tangan, 空く :Aku/Kosong

Kalimat Keempat

Contoh kalimat:
仕事(しごと) () ()いて、やっと () ()いたので、 (ひさ)しぶりに 友人(ゆうじん)とご (はん) ()べにでも ()こうかとお (おも)う。 Shigoto ga ochitsuite, yatto te ga aitano de, hisashiburi ni yuujin to gohan wo tabe ni demo ikouka to omou.Karena pekerjaan (saat ini) tidak terlalu sibuk dan akhirnya saya memiliki waktu kosong, saya ingin mengajak teman yang sudah lama tidak ditemui untuk makan bersama.
() ()く。
Dibaca te wo yaku, bisa diartikan dengan "mengalami kesulitan dengan sesuatu".
手 : Te/Tangan, 焼く : Yaku/Terbakar

Kalimat Kellima

Contoh kalimat:
(ぼく)は、 彼女(かのじょ)のわがままには () ()いているのだが、なぜか (わか)れようと (おも)ったことはない。 boku wa kanojo no wagamama ni wa te wo yaite iru no da ga, naze ka wakareyou to omotta koto wa nai.Walaupun saya (Pria) selalu mengalami kesulitan dengan keegoisan kekasih saya, namun entah mengapa saya tidak pernah berpikir untuk berpisah dengan dirinya.

Penutup

Di atas merupakan beberapa contoh dari istilah - istilan yang biasanya sering digunakan bersama-sama dengan kanji "te". Apabila dari kalian memiliki contoh kalimat atau kata yang berhubungan dengan Kanji te ini silahkan bagikan melalui kolom komentar dibawah yaa!

Post a Comment for "Idiom Bahasa Jepang dari Kanji 手 te Beserta Contohnya"