Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ucapan Bahasa Jepang yang Sering Dijumpai dalam Anime dan Dorama

Ucapan yang sering dijumpai dalam Anime dan Drama

Apa ada disini yang tertarik mempelajari atau ada yang sudah menguasai Bahasa Jepang karena menonton anime atau dorama Jepang? Mempelajari penggunaan kata bahasa asing termasuk Bahasa Jepang melalui tayangan Film dinilai dapat memudahkan sekaligus dalam proses pembelajaran. Berikut ini merupakan kata dalam bahasa Jepanq yang sering muncul dalam sebuah anime atau dorama, dan mungkin saja suka kalian tiru atau terapkan pengucapannya sehari-hari. Berikut kami berikan beberapa Bahasa Jepang yang Sering Muncul di Anime dan Drama Jepang

Nani

Nani 何(なに) = "apa?" umumnya dilafalkan dengan nada suara yang kaget. Akan tetapi itu terkadang hanya reaksi umum dalam keseharian karakter dalam anime atau dorama. Kalian sering melihatnya pada anime atau dorama dengan genre:
  • Komedi
  • Parodi
  • Roman
  • Slice of Life
Namun kata-kata ini cenderung umum sehingga dapat muncul disemua genre anime atau dorama.

Arigatou

ありがとう "Arigatou" yang berarti "terima kasih", merupakan kata Bahasa Jepang yang umum dan terkenal. Karakter anak dan remaja laki-laki maupun perempuan dalam anime atau dorama memiliki kecenderungan untuk banyak berterima kasih dan meminta maaf. Bahkan saat mereka tak melakukan suatu kesalahan apa pun pada khususnya. Namun itu hanya gambaran tentang bagaimana budaya Jepang, bersama dengan perilaku khas mereka dalam bermasyarakat.

Onii-chan

Onii-chanお兄ちゃん berarti "kakak laki-laki" dalam Bahasa Jepang. Kalian cenderung emlihat ini dalam serial anime dimana asik perempuan memainkan peran pendukung dalam cerita. Contoh judul animenya antara lain:
  • Monogatari
  • Oreimo
  • Eromanga Sensei
  • Oregairu
Dan masih lebih banyak lagi seri romansa atau bertema sekolah di mana "onii-chan" adalah ungkapan kata bahasa Jepang yang umum. Terutama jika di dalamnya terdapat hubungan sedarah atau incest.

Moshi Moshi

Mosi moshiもしもし = "halo" dalam bahasa Jepang. Meskipun saat diterjemahkan ke bahasa Indonesia hanya mewakili satu kata, kata itu diulang dua kali dalam bahasa Jepang. Chiaki Minami, karakter dari anime ''slice of life, Minami-Ke'' selalu mengatakan moshi-moshisetiap kali dia menerima telepon.

Souka/soka

Soukaそうか = "oh begitu" atau dalam bahasa indonesia artinya "saya mengerti" dan dalam bahasa inggris "i see", bukan satu-satunya kata dari bahasa Jepang yang dipakai saat karakter anime memahami dan menerima sebuah situasi, namun juga merupakan sebuah frasa umum dan dikenal dalam komunitas anime. Seperti karakter ''Goblin Slayer'' (dalam anime dengan judul yang sama) telah membuat kata "souka" sangat populer. Karena itu merupakan salah satu dari beberapa kata yang keluar dari mulut Goblin Slayer. Kosakatanya sederhana.

Hai!

Haiはい = "ya", digunakan sebagai bentuk kesepakatan dalam anime bergenre romansa, slice of life, komedi dan jenis serial anime lainnya. Kalian akan melihatnya di genre anime berlatar di sekolah maupun dari genre lainnya.

Nii-chan

Nii-chan兄ちゃん merupakan penggalan dari kata umum Onii-chan. Namun kata ini masih dapat ditemukan pada serial anime lainnya. Nii-chan dipakai sebagai cara untuk menunjukan "kasih sayang kepada kakak lelaki. Atau dengangan kata lain itu artinya karakter tersebut sangat mencintai sang kakak. Contoh salah satu anime yang cukup banyak menggunakan kata "nii-chan" adalah Monogatari.

EHHHH? えぇぇぇ

Tak harus menjadi sebuah frasa, dikarenakan ini merupakan reaksi yang kalian sering dengar dalam anime atau dorama ketika seorang karakter kaget.

Senpai

Senpai先輩(せんぱい) adalah kata Bahasa Jepang yang digunakan untuk seseorang yang lebih tua di atas kalian, kakak kelas, senior atau dalam kasus anime tertentu adalah seseorang yang kalian kagumi, serial bertema sekolah, romansa, drama dan komedi banyak menggunakan kata "senpai". Bahkan pada salah satu game yang juga memiliki tayangan anime dengan judul yang sama, Fate/Grand Order memiliki karakter utama yang sering kali dipanggi "senpai" oleh servant-nya.

Baka

Bakaバカ = "bodoh", biasanya sering kali diucapkan oleh karakter dengan tipe tsundere atau karakter pemarah. Contoh karakter demikian yang sering mengucapkan kata bahasa Jepang "baka" antara lain:
  • Toradora
  • Minami-Ke
  • Rokudenashi

Kawaii

Kawaii可愛い(かわいい) = "imut" adalah kata yang kalian temui banyak muncul di jenis anime bersetting sekolah, drama percintaan, slice of life dan komedi. Judul anime seperti Minami-Ke, K-On, New Game! sering kali diwarnai frasa "kawaii".

Gomenasai

Gomenasaiごめなさい="maafkan aku" adalah bentuk permintaan maaf dalam bahasa Jepang. Mirip dengan ありがとう"arigatou", kalian akan mendengar kata "gomenasai" seringkali diucapkan karakter anime atau dorama pria dan wanita. Terutama dalam genre khas seperti :
  • Komedi
  • Percintaan
  • Slice of Life

Daijoubu

Daijoubu大丈夫(だいじょうぶ) = "tidak apa-apa" adalah bentuk persetujuan, mirip dengan はい hai!namun dilafalkan dengan nada suara muram, tergantung pada konteks dari dorama atau anime itu sendiri. Di lain waktu kata bahasa Jepang ini merupakan respons standar untuk karakter anime atau dorama.

Ryoukai

Ryokai了解(りょうかい) = "laksanakan" atau "roger" dalam bahasa Inggris mungkin seringkali terdengar seperti 妖怪(ようかい)yokai = "hantu/penampakan" meskipun kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Kalian sering mendengar ini di anime: Magical Girl Spec Ops Auka. Anime bertema militer di mana "menerima perintah' adalah bentuk respon umum.

Sugoi

Sugoiすごい = "hebat" atau "luar biasa", kata bahasa Jepang yang bisa kalian temui pada genre apapun.

-Kun

~くん"-kun" ialah akhiran kata yang digunakan untuk laki-laki seumuran atau sebaya. Contohnya bisa kita lihat di anime Naruto, di mana karakter utama disebut ナルトくん"Naruto-kun" oleh karakter wanita lainnya.
Apakah kalian sering mendengar kata bahasa Jepang di atas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Atau masih ada kata lainnya yang belum kami jelaskan? Mari kita berbagi pengalaman kalian pada kolom komentar!

Post a Comment for "Ucapan Bahasa Jepang yang Sering Dijumpai dalam Anime dan Dorama"