Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Etika Makan Masyarakat Jepang yang Harus Kalian Ketahui

Tahukah kalian negara Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi etika, salah satunya adalah etika ketika sedang makan. Etika Makan ini harus kalian perhatikan ketika berkunjung ke Jepang terutama saat kalian bertamu, jika kita tidak mengikuti etika ketika sedang bertamu, sang tuan rumah pastinya akan marah dan menganggap kita tidak sopan, tentu saja itu tidak ingin terjadi bukan? Berikut kami berikan beberapa arahan etika makan yang sering dilakukan oleh orang Jepang :

1. Gunakan handuk hangat untuk membersihkan tangan

Banyak restoran Jepang yang sering memberikan sebuah handuk hangat saat tamu sedang memilih sebuah menu, namun ada juga beberapa resto yang biasanya menggunakan tisu basah atau kain yang digunakan sekali pakai. Handuk ini hanya digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan, jangan kalian gunakan untuk keperluan lain, seperti mengelap muka, badan atau meja.

2. Mengucapkan rasa syukur sebelum dan sesudah makan

Masyarakat Jepang biasanya sering menempelkan kedua tangan mereka dan mengucapkan "いただきます" atau "Ittadakimasu" yang berarti "Selamat Makan" sebelum mereka memulai makan, dan mengucapkan "ごちそうさま" atau "Gochiso-sama" yang berarti "Terima kasih atas hidangannya" setelah mereka selesai makan.

3. Menggunakan sumpit dengan benar

Sumpit merupakan alat makan yang sering dipakai oleh orang jepang untuk makan. Ternyata makan menggunakan sumpit ada aturannya juga lho, mulai dari cara meletakkan sampai memegangnya. Namun jika kalian belum terbiasa makan menggunakan sumpit, kamu juga bisa meminta menggantinya oleh sendok dan garpu.

4. Memegang mangkuk nasi saat makan

Apabila kamu memesan set masakan jepang maka kamu akan diberikan sup miso dan semangkuk nasi hangat. Untuk menyantap nasi ini akan terlihat lebih baik apabila kalian mengangkat mangkuk ketika akan memakan nasi. Etika mengangkat mangkuk nasi ini biasanya hanya diberlakukan kepada mangkuk kecil saja.

5. Jangan menempelkan siku diatas meja

Menempelkan siku di atas meja saat makan dianggap tidak sopan dan postur tubuh yang buruk akan membuat tidak nyaman bagi mereka yang makan di sekitar kamu. Ada baiknya kalian mengangkat siku dari atas meja makan.

6. Seruput saat makan mie, sup, ataupun saat minum teh

Etika ini sebenarnya opsional, masyarakat jepang terutama para chef akan sangat menyukai ketika para pelanggannya menyeruput masakan yang telah mereka hidangkan kepada pelanggan. Saat kalian menyeruput hidangan berarti kalian menghormati dan menikmati makanan yang telah disajikan oleh juru masak, dan itu akan membuat para chef merasa senang. Gunakan sumpit saat makan mie atau masakan lainnya, kemudian angkat mangkuk dan seruput sup/kuah yang tersisa. Namun kalian juga perlu memperhatikan area sekitar, sebisa mungkin makan dalam keadaan tenang.

7. Jangan pernah untuk menyisakan makanan

Saat berada di restoran sebaiknya kalian memesan makanan sesuai porsi badan kalian. Menghabiskan makanan dianggap sebagai rasa syukur dan terima kasih terhadap hasil alam dan pihak yang membuat makanan tersebut. Apabila kalian memiliki alergi atau hal-hal yang tidak dapat kamu makan, seperti daging babi, atau yang mengandung sake, kalian bisa memberitahu kepada pihak restoran ketika kalian memesan, jadi mereka bisa menghilangkannya dari pesananmu sebelum dihidangkan.

Kalian tidak perlu memaksakan diri jika kalian sudah merasa kenyang. Katakan kepada staf bahwa makanan yang mereka sajikan enak dengan ucapan “おいしかったです” atau "oishikatta desu" yang berarti ini sangat enak.
Sumber Artikel : Japanesestation.com
Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.

Post a Comment for "Beberapa Etika Makan Masyarakat Jepang yang Harus Kalian Ketahui"