Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Bahan Alami Untuk Membuat Hand Sanitizer

Hand Sanitizer

Baru-baru ini seluruh dunia telah digemparkan karena virus baru yang telah muncul, Virus Corona (Covid-19). Warga dihimbau untuk selalu mencuci tangan dengan sabun ketika dirumah, dan membawa hand sanitizer ketika hendak keluar rumah. Hal ini langsung membuat warga berborong-borong untuk mencari hand sanitizer di beberapa minimarket dan supermarket. Dikarenakan hand sanitizer ini laku dan banyak di cari ada beberapa minimarket yang menaikkan harga dari hand sanitizer ini. Karena mahalnya hand sanitizer saat ini, ada beberapa masyarakat yang berinovasi membuat handsanitizer dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat mereka jumpai dimana saja.

Bagi kalian yang belum memiliki hand sanitizer jangan berkecil hati, berikut kami berikan bahan-bahan yang dapat kalian gunakan untuk membuat hand sanitizer untuk mencegah virus corona.

Lidah Buaya

Banyak orang yang memberikan julukan tanaman ajaib pada si Lidah Buaya ini, tanaman ini biasanya digunakan untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut terkadang ada juga sebagian orang yang menggunakan lidah buaya ini untuk di konsumsi. Tahukah kalian ternyata gel yang terkandung pada hand sanitizer itu terbuat dari tanaman ini lho, lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang dapat menjaga kulit agar tetap lembut dan lembap. Untuk menjadikan Lidah Buaya ini menjadi hand sanitizer, kalian cukup kupas terlebih dahulu tanaman ini kemudian hancurkan lidah buaya dengan cara di tumbuk atau bisa juga dengan menggunakan Blender. Kemudian saring hasil blender tersebut, kemudian letakkan hasil saring kedalam botol spary.

Lemon

Lemon dapat digunakan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer karena buah ini dikenal dengan kandungan asamnya yang tinggi sehingga dapat membunuh berbagai macam kuman. Selain itu juga Lemon dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Untuk menggunakan buah ini sebagai hand sanitizer sangat mudah, kalian cukup memeras beberapa buah Lemon dan tambahkan air secukupnya setelah itu masukkan ke dalam botol spray.

Cuka putih

Cuka putih ini sebenarnya hampir sama dengan Lemon, cuka putih ini memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga mampu untuk membunuh kuman. Untuk cara pembuatannya cukup mudah, kalian cukup mencampurkan cuka putih ini dengan air secukupnya kemudian simpan ke dalam botol spray

Penutup

Berikut merupakan beberapa rekomendasi yang dapat kalian gunakan sebagai alternatif ketika tidak memiliki hand sanitizer di rumah kalian. Cara diatas dapat kalian buat dengan mudah di rumah, bahannya juga mudah didapat dan tidak mengandung alkohol, harganya pun terjangkau.
Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada rekan dan keluarga kalian ya...